Bandarmology & Rekomendasi Project

Sebenernya bukan maksud hati jarang post belakangan ini, namun setiap malam hari plus weekend waktunya banyak terpakai untuk research dan juga membuat project baru bernama bandarmology&rekomendasi  project.

Seperti yg saya sebutkan di post terdahulu, untuk pasar modal indonesia sangat dipengaruhi oleh para bandar, sehingga kadang harga bisa dipermainkan oleh mereka, contoh kasusnya ajah ketika kemaren ada isu pelarangan Gojek, yang mengakibatkan saham TAXI yang sudah lama hiatus, bangkit kembali, bahkan sempat sampai naik hingga 35%, dan ketika larangan tersebut dibatalkan, langsung harga terjun bebas sehingga menjadi minus.

Bagi para trader pemula ataupun trader sedikit mahir, mereka akan tertipu oleh pergerakan para bandar ini, dan ketika mereka beli saham tersebut, para bandar sudah asik jualan barangnya, dan menikmati gain yg mereka dapatkan dari para trader tersebut.

Dan agar tidak digocek sama para bandar ini, saya memutuskan untuk membuat sistem yg mengawasi pergerakan mereka, yg saya namakan bandarmologi project, untuk simplenya bisa dilihat pada gambar di bawah ini :

1450617150226

 

Apasih pentinggnya grafik ini? sampai-sampai harus susah payah bikin sistem hingga bisa nampilin grapik seperti ini? coba perhatikan daerah yang dikotakin dibawah ini :

1450617208845

ketika harga dinaikin oleh bandar dan dibantu oleh para trader retail, mereka malah jual barang dan menikmati untungnya karena mereka sudah akumulasi dari beberapa hari sebelumnya ketika harganya turun.

Contoh kasus lain adalah TLKM di bawah ini :

1450617342348

Ketika harga turun, ternyata bandar dan juga asing bukannya menjual barang mereka, tetapi mereka malah menambah barang mereka, dan seperti yg kita duga, walaupun harga jatuh cukup lumayan, dia cepat kembali dan malah mencetak new high.

Dari dua diagram di atas, kita bisa mengurangi resiko dikelabui bandar, karena ketika kita sudah tau kalau mereka buang barang, maka kita juga bisa ikut buat barang, dan apabila harga turun dan bandar malah akumulasi barang, kita bisa beli ketika dia low, dan mendapatkan cuan yang cukup banyak ^_^

Selain bandarmologi, saya juga kepikiran buat bikin sistem sendiri untuk rekomendasi saham, daripada harus buka tutup website orang dan juga langganan rekomendasi para profesional, saya akhirnya memutuskan untuk membuat sendiri sistem trading saya, yang sudah di-verifikasi mendapatkan keuntungan dengan tingkat kemenangan sekitar 70% atas sekitar 60 saham likuid selama setahun terakhir, dan berikut adalah tampilannya :

1450617647637

 

Jadi sekian dulu laporan minggu ini dari saya, soalnya abis ini mo lanjut lagi untuk improve tampilan supaya lebih user friendly.

 

~ 2Cool ~

Leave a comment